10 Aplikasi Favorit Saya di Windows 10


Berbagai macam aplikasi gratis dan open-source kian banyak, tapi di dalam itu semua ada 10 aplikasi favorit saya untuk produktifitas sehari-hari ataupun mengisi waktu luang saya.

Chrome


Browser buatan Google ini sudah dikatakan kebutuhan sehari-hari baik pada saat mode kerja ataupun lagi gabut (wwwww😁), dilengkapi dengan extensions berbagai jenis aplikasi yang bisa kalian pakai di Chrome Web Store.


LibreOffice


Karena terbiasa dengan os Linux (distro yang saya pake Linux Mint), pasti sudah terintegrasi atau sudah terinstall secara default, aplikasi perkantoran ini gratis dan open-source, fitur nya pun ga kalah seperti produk sebelah.


Dukungan berbagai macam format dokumen yang didukung, aplikasi ini layak untuk di coba atau install di komputer kalian.


Notepad++


Kalau urusan coding atau text/code editor saya biasa pake aplikasi ini, seperti benerin tema blog ini contohnya, ataupun membuat widget blog custom dengan bahasa javascript.


Notepad++ ini saya gunakan juga untuk text editor, semua file yang ber-format .txt atau .text secara default di buka pake npp (Notepad++).


Inkscape


Untuk urusan design vector biasanya saya pakai aplikasi ini (dulu pake CorelDRAW terakhir pake versi X3), karena keseringan coba-coba dan eksperimen berbagai macam tool di aplikasi ini, saya pun pindah aplikasi untuk membuat sebuah design, menjadikan Inkscape untuk membuat berbagai macam design, seperti poster, flyers ataupun typography contohnya (hasilnya boleh lihat di Instagram saya).


Btw logo blog ini di buat pake Inkscape juga loh, footage video nya saya upload di channel YouTube saya.


GIMP


Untuk masalah pengolah foto saya memakai GIMP sebagai aplikasi untuk edit-edit foto, misalnya crop gambar, menyisipkan watermark, menambah efek pada foto ataupun mengurangi atau menambahkan kontras pada gambar.


ShareX


Untuk masalah capture desktop (screenshot), saya mengunakan ShareX. Aplikasi ini gratis dan boleh dipakai untuk keperluan komersial.


Tidak hanya itu, aplikasi ini cukup mudah digunakan serta dilengkapi berbagai macam fitur dan berbagai opsi pengaturan. Kalian juga bisa download langsung di Website nya atau pun di Steam.


Semua post yang ada di blog saya ini gambar-gambarnya di ambil menggunakan ShareX.


AIMP


Untuk pemutar lagu saya memakai AIMP, aplikasi ini sangat ringan dalam mengambil memory pada sistem (RAM), dilengkapi berbagai macam skin yang keren-keren dan juga berbagai macam plugin yang kalian bisa cari di web nya.


Yang saya suka dengan music player ini adalah sistem Equalizer nya (EQ), kalo kalian suka tunning EQ untuk Headset nya bisa pke player ini.


VLC


Untuk video player saya menggunakan VLC sebagai player default di Windows 10, mendukung berbagai macam format video yang populer seperti mp4, mkv, flv dan lainnya.


Tidak hanya itu VLC juga bisa memutar lagu yang berformat mp3, acc, wav, flac dan lainnya.


VLC ini pun bisa digunakan sebagai aplikasi player YouTube dengan menggunakan metode Network Stream.


Blender


Bisa dikatakan saya adalah hobbies artist kelas kakap (wwwww😂), sesekali saya membuat desain 3 dimensi seperti interior rumah, kadang membuat design random, itu semua dilakukan pada saat good mood, berbekal melihat video tutorial, seperti konten yang dibuat oleh bang Andrew Pierce, pak Alex Gleb, serta random tutorial di Youtube.


Steam


Sesekali saya pun bermain game di Windows 10, tentunya game-game yang gratis (free 2 play, kadang khilaf beli gim XD), di Steam store ini banyak pilihan game dengan berbagai macam genre, baik gratis ataupun beli / berbayar. Game favorit yang suka saya mainkan adalah World of Tanks Blitz.


Nah itulah sobat tekno, 10 aplikasi favorit yang sering saya pake di Windows 10. Sebenarnya masih banyak aplikasi yang saya pake di komputer pribadi saya, tapi dari list 10 ini yang paling sering saya gunakan.

print("Hello World")

This Is The Newest Post
Load comments