Reboot!

Hello world, kali ini saya akan me-reboot blog saya sendiri, kek komputer aja di reboot hehehe, yuk simak ceritanya.


$ cd blog && reboot

So asik banget sih gan pake command segala (wwwww😁). Blog ini sengaja saya reboot biar bersih aja gitu, jangan lupa untuk selalu bersih ya sobat tekno, keep save and clean di pandemi corona ini. 

Kembali lagi ke judul, kali ini saya me-reboot blog saya sendiri. Yang saya lakukan adalah:

Pertama, saya renewal domain kesayangan saya yaitu sayaandry.com, sempet ada trouble juga sih, terlebih sistem pembayaran via paypal itu ga bisa, heran juga sih kenapa pihak penjual (tempat beli domain) tidak kasih info juga lewat email (padahal saya hampir tiap hari baca email). Alhasil saya pay via OVO (sebelumnya saya withdraw balance paypal saya ke akun bank).

Tidak sampai disitu, pada saat withdraw balance nunggu 3 hari pula, dan itu melewati batas untuk minimum requirement untuk transfer domain (tadinya mau pindah ke tempat lain, di sebelah bisa pake paypal XD).

Mau tidak mau, saya mesti di rumah lama lagi selama 1 tahun (yah...). Dan pada tanggal 17 Oktober 2020 saya baru renewal domain saya (H-1 dari awal register wwwww😁).

Ok next. Pada tanggal 25 Oktober, SSL habis dong (wwwww😁) ora https ora uwu. Saya lihat paket demi paket nya hmmmmm skip gan, tiba saat saya untuk nyoba SSL nya CloudFlare, gratis dong, ini baru uwu.Tanpa basa-basi saya langgung register dan setting sana-sini (DNS Manager tempat saya beli domain dan ClodFlare) and then...

Blog tidak bisa di akses, sempet coba juga minta tolong ke mas I RULE (baca: Irul) untuk bantu cek/visit blog saya, dan hasil nya sama, tidak bisa di akses (wwwww😁).

Oh i see, seperti biasa perubahan Name Server dan DNS membutuhkan waktu (ya terkadang cepat terkadang bisa sampai berhari-hari, padahal sudah nunggu 1 jam).

Ok katakanlah si Blog sudah online (horeee😆) kalo tidak salah itu saya nunggu 3 jam lebih. Eits tunggu dulu gan, ada masalah lagi. Si Blog ini cuma bisa di akses dengan http doang, duh kunaon deui ieu.

Setelah saya coba telusuri di DNS Manager (tempat beli domain sama CloudFlare) dan di Dashboard Blogger, ternyata di Blogger https redirect nya = ON, saya coba matikan, supaya si CloudFlare yang bantu redirect http ke https, dan (*teteret*) si Blog sudah bisa di akses dengan https.

Pada hari yang sama, saya langsung ke Dashboard Blogger, semua posting saya set ke draft dan beberapa post yang udah outdated saya hapus (tapi saya sudah backup ke xml tentunya). 

Oh iya saya pun hapus semua link postingan di serp (search engine result page), saya delete url nya (satu persatu) di Search Console Google, supaya ga ada bad link atau error ketika orang mengunjungi blog saya ini, lagian juga alamat palsu eh maksud saya alamat domain, domain nya saja udah ganti dari www.sayaandry.com ke blog.sayaandry.com, jadi mending di hapus aja.
Post yang sudah terlalu outdated, nanti saya update/edit dengan cara ataupun komponen terbaru.
Nyoba tambah modul Facebook Comment dan itu bermasalah wut😅?

Tadinya saya mencoba saran dari temen digital saya, supaya blog nya pake facebook comment aja gitu, biar ada yang komen di blog ini (termasuk dia ingin komen di blog juga XD), dan itu terjadi "kesalahan" hmmmmm.

Dan modul (plugin) tersebut annoying di tema blog ini, dan di post dengan jenis pages dia juga muncul walau di set off komentar di Options post. Saya juga coba set tool moderasi facebook comment nya itu selalu muncul dialog error! (wwwww).

Untuk masalah modul Comment di blog ini saya tetap pake Disqus aja, kalo kalian ga punya akun nya, kalian bisa daftar Disqus dengan akun facebook kalian kok, biar *ez* dari pada ribet buat akunnya pake email.

Nah itulah cerita singkat dari saya, untuk blog ini belum 100% recovery ya, jadi harap maklum. Cukup sekian dari saya dan terimakasih.😉

print("Hello World")

Load comments